Foto By Paysafecard
Foto By Paysafecard

Apa sih Game Moba ?

Banyak pemain yang salah mengartikan genre ini setelah hadirnya game moba yang bisa dimainkan di smartphone. Salah satunya ada yang mengatakan bahwa moba merupakan singkatan dari “Mobile Online Battle Arena”, lucu ya. Sebelum ramai dimainkan di Smartphone genre ini sebenarnya sudah lama sering dimainkan lewat PC. Sebenarnya kepanjangan dari MOBA adalah “Multiplayer Online Battle Arena”, dan DotA merupakan game pertama yang sukses menjadikan genre ini disukai banyak orang.

Gameplaynya sebenarnya tidak begitu sulit jika setiap pemain mengerti akan posisinya dalam game. Setiap player mempunyai tugas tersendiri dalam team, dengan tujuan utama menghancurkan building dan base utama musuh. Game ini bukan tentang kill atau siapa yang terbaik, namun tentang bagaimana caranya bekerjasama agar tujuan utama tercapai.

DariĀ 3 Game ini, manakah yang terbaik ?

Boga bagi rasa sudah cukup sedikit pembahasan tentang genre Moba. sekarang mari kita bahas game moba apa saja yang sedang hapenning akhir akhir ini. Moba yang dimaksud disini, adalah moba yang bisa dimainkan lewat smartphone ya sob. yo cek list nya dibawah :

1. MOBILE LEGENDS : Bang Bang (ML)

Mobile Legends By Youtube
Mobile Legends By Youtube

Sepertinya kita tidak perlu berdebat lagi tentang game keluaran moonton ini ya sob. Dari semua game Moba yang tersedia untuk smartphone, ML lah yang paling banyak dimainkan saat ini. Bagaimana tidak, Mobile Legends selalu menjadi bahasan hampir di semua forum game dan sosial media. Selalu banyak event menarik, seperti cosplay hingga kejuaraan yang disebut MSC dengan hadiah yang lumayan.

Hal yang membuat ML ini disukai banyak orang adalah ukuran game nya yang relatif kecil dan mudah dimainkan semua kalangan. Namun sisi negatif dari game ini adalah Equipnya terlalu sederhana dan kurang variatif, dan bisa dikatakan IMBA karena emblem serta skin bisa mempengaruhi atribut hero. Oiya satu lagi, banyak yang berpendapat kalo ML ini adalah game Plagiat, game yang mengambil ide dari beberapa game moba sebelumnya seperti LoL, Dota 2, dan game lainnya.

2. ARENA OF VALOR (AOV)

Arena Of Valor By MamyTwink
Arena Of Valor By MamyTwink

Ini dia game yang di sebut sebagai saingan berat Mobile Legends. Game ini di kembangkan oleh Developer terkenal di Indonesia, yaitu Garena. Tidak tanggung-tanggung dalam proses promosi game ini selalu saja menawarkan sesuatu yang cukup menarik minat setiap orang. Mulai dari kontes yang berhadiah pulsa, smartphone, hingga turnamen dengan prize pool milyaran rupiah.

Menurut Boga-bagi game ini lebih unggul beberapa poin dari mobile legends. Dari segi grafik, AOV menang sob ditambah gameplay nya yang lebih balance. Kenapa lebih balance ? karena di AOV skin tidak berpengaruh terhadap atribut suatu hero di dalam game. Jadi skin ini hanya berguna sebagai hiasan saja agar hero sobat terlihat lebih keren.

3. VAINGLORY (VG)

VainGlory By DailyMotion
VainGlory By DailyMotion

Jika ada yang bertanya game apa sih yang pertama mengusung genre Moba di Smartphone ? jawabannya tentu saja VainGlory. Game ini merupakan satu-satunya game Moba di smartphone yang telah masuk kompetisi ESports. Banyak streamers di Twitch yang memainkan game yang satu ini sob. Jika sobat ingin menjadi pemain proffesional Mobile game Moba maka VG adalah pilihannya, karena kancahnya yang sudah Internasional.

Kelebihan dari VG adalah Grafiknya yang luar biasa memukau dibanding AOV maupun ML. Namun dibalik keindahan grafiknya VG memiliki ukuran yang jauh lebih besar dan tentu saja tidak semua Smartphone lancar memainkan game ini. Hal itulah yang membuat ML dan AOV lebih banyak dimainkan di Indonesia, karena tidak semua orang memiliki smartphone yang cukup mumpuni untuk memainkan game ini. Tidak seperti 2 game diatas, VG hadir dengan Gameplay 3 VS 3 dan hanya tersedia satu lane saja.

Intinya apapun Gamenya yang penting Have fun ya sob. Karena memang selera setiap gamers itu ya berbeda. Ada yang suka dengan fitur analog, ada juga yang biasa memainkan Touch on screen. Menurut sobat, dari ketiga game diatas, manakah yang pantas menyandang gelar Mobile Game MOBA terbaik ? cantumkan jawabannya di kolom komentar ya :D.