Plot twist adalah sebuah perubahan mendadak pada alur cerita sebuah novel, film, serial televisi, komik, sampai video game. Biasanya plot twist digunakan untuk meningkatkan ketertarikan pembaca atau penonton. Nah, Kali ini yang akan kita Bahas yaitu tentang beberapa plot twist film yang akan membuat kamu tercengang, bahkan ada yang akan dibuat kecewa dan menyesal telah menonton filmnya. Ingat, Pembahasan dibawah mengandung spoiler. Untuk kamu yang penasaran So , Check this out :

1. Se7en

Film Seven merupakan film bergenre crime thriller asal Amerika yang dirilis pada tahun 1995 dengan rating IMDB mencapai 8,6. Film ini disutradarai oleh sutradara terkenal David Fincher. Film Se7en dibintangi oleh aktor dan aktris Hollywood terkenal, mulai dari Brad Pitt, Morgan Freeman, Kevin Spacey hingga Gwyneth Paltrow.

Se7en : By Google Image

Meski banyak menunjukan pembunuhan yang terkesan sadis. Fokus film lebih ada pada penyelidikan setelah korban ditemukan, bukan saat-saat korban dibunuh. Sang Pelaku, John Doe hanya muncul ketika film hampir mendekati akhir cerita. Karakternya begitu sopan, santai dan terlihat misterius. Yang menarik dalam setiap pembunuhannya John Doe menerapkan sistem 7 Deadly Sins yaitu Gluttony (Kerakusan), Greed (Ketamakan), Lust (Hawa Nafsu), Sloth (Kemalasan), Pride (Kesombongan), Envy (Iri Hati), Wrath (Kemarahan).

7 Deadly Sins
7 Deadly Sins – By Pinterest

Shocking Ending Scene :

Ketika John Doe akan menunjukkan 2 korban terakhirnya, setelah 5 Korban yang dia bunuh mewakili Gluttony (Kerakusan), Greed (Ketamakan), Lust (Hawa Nafsu), Sloth (Kemalasan), Pride (Kesombongan) berarti tersisa Iri hati dan kemarahan. Dan hal yang tidak kita sangka terjadi di scene ini. Seorang pengantar paket suruhan John Doe datang dengan membawa 1 buah kardus, setelah dibuka isinya ternyata kepala istri Detektif Mills (Bradd Pitt). Dan 2 Korban pembunuhan yang dimaksud adalah Istri Detektif Mills dan John Doe sendiri yang Iri hati (Envy) terhadap kehidupan Normal Detektif Mills berakhir dengan Wrath (Marah), Kemarahan Detektif Mills karena John Doe telah membunuh Istrinya.

Ending Se7en : positifcinema.it

Ending Film diakhiri dengan dramatis dan sangat tidak tertebak sama sekali dimana Mills menangis tersedu dan dihadapkan 2 pilihan sulit. yaitu pertama dia menahan amarah dan melepaskan John Doe agar rencana John Doe tidak berhasil dalam 7 Deadly sins nya atau Melepaskan amarahnya lalu membunuh John Doe atas kematian Istrinya. Pada akhirnya Detektif Mills menembak Kepala John Doe meski dilarang Oleh Detektif Somerset.

2. Shawshank Redemption

The Shawshank Redemption adalah film drama Amerika Serikat tahun 1994 yang ditulis dan disutradarai Frank Darabont dan dibintangi Tim Robbins dan Morgan Freeman. Film ini sendiri masih menduduki posisi tertinggi di IMDB dengan rating 9,3. Diadaptasi dari novel karya Stephen King, Rita Hayworth and Shawshank Redemption.

The Shawshank Redemption
The Shawshank Redemption – By loftcinema.org

Di tahun 1947, seorang bankir bernama Andy Dufresne dituduh membunuh istri dan kekasih istrinya. Walau Andy sendiri menyatakan bahwa dirinya tidak melakukan pembunuhan itu, namun berdasarkan bukti-bukti yang ada, Andy dihukum dan dipenjara di Shawsank. Di Shawsank Andy berkenalan dan selanjutnya berteman akrab dengan Ellis “Red” Redding. Red memliki kemampuan untuk menyelundupkan barang-barang yang diperlukan oleh para tahanan. Untuk Andy, Red berhasil menyelundupkan palu kecil yang dipakai Andy untuk hobinya membuat buah catur. Selain itu Red juga memberikan poster-poster bintang film wanita bagi Andy.

The Shawshank Redemption
The Shawshank Redemption : By manmagazin.sk

Shocking Ending Scene :

Ternyata Palu tersebut digunakan untuk membobol tembok penjara selama 10 tahun. Kebetulan Andy menempati sel paling ujung, dan poster wanita digunakan Andy untuk menutupi lubang tsb. Ketika suatu pagi, saat proses pemeriksaan umum, sel Andy kosong dan semua sipir bingung kemana Andy menghilang ? Ternyata Andy kabur lewat lubang yang telah dia buat.

The Shawshank Redemption
The Shawshank Redemption – By drafthouse.com

Dia kabur sambil membawa bukti-bukti kotornya penjara Shawshank. dan memberikan laporan ini kepada surat kabar langsung menjadi headline. Andy pun ternyata juga membawa dokumen Norton (Kepala Penjara yang korup) seperti kartu identitas dan nomor jaminan sosial yang digunakannya untuk mengambil uang Norton di bank. Berselang beberapa tahun Red akhirnya bisa bebas dari penjara Shawshank karena sistemnya yang lebih adil. Red diberi remisi dan bebas setelah 30 tahun, Red pun menghirup udara kebebasan dan menyusul Andy ke kota Zihuatanejo.

3. The Sixth Sense

The Sixth Sense adalah film thriller horor Amerika yang dirilis pada tahun 1999 dengan rating IMDB 8,1. Film garapan sutradara M.Night Shyamalan ini menjadi salah satu film thriller yang isinya terselip drama dan tidak ada kesan menakutkan sama sekali. The Sixth Sense juga dibintangi oleh aktor populer Bruce Willis yang biasa memerankan film-film action. Bruce Willis berperan sebagai Dr. Malcolm Crowe, seorang psikologi anak yang menghadapi sebuah kasus serius.

The Sixth Sense
The Sixth Sense – By stylemagazine

Dr. Malcolm Crowe (Bruce Willis), adalah seorang psikolog spesialis anak-anak. Dia sedang menangani pasien bernama Cole Sear (Haley Joel Osment). Cole Sear memiliki kemampuan untuk melihat orang yang sudah mati, atau dalam kata lain bisa melihat hantu. Cole mengaku bisa melihat dan berkomunikasi dengan orang yang sudah mati, tanpa ia ketahui. Dia pun menuturkan kepada Dr. Malcolm bahwa orang yang sudah mati hanya melihat sesuatu yang ingin dia lihat dalam artian Hantu tidak bisa melihat hantu lainnya jika dia tidak menginginkannya.

The Sixth Sense
The Sixth Sense – By huffingtonpost.com

Shocking Ending Scene :

Bruce Wills ternyata sudah mati sejak menit-menit awal karena ditembak oleh pasiennya.
Faktanya selama adegan dalam film Bruce Willis hanya terlihat berkomunikasi dengan sang bocah indigo tersebut, sedangkan ketika berbicara dengan istrinya ia tak pernah ditanggapi,namun film ini membuat scene nya seakan bahwa mereka sedang bertengkar.

4. Fight Club

Fight Club dirilis pada tahun 1999 dan mempunyai rating IMDB 8,8. Film ini disutradarai oleh David Fincher dan dibintangi oleh aktor aktor Hollywood seperti Brad Pitt, Edward Norton dan Helena Bonham Carter. Fight Club terkenal berkat tokoh Tyler Durden yang diperankan oleh Brad Pitt. Karakter Tyler Durden yang bebas, liar namun berkharisma membuat film Fight Club menjadi lebih populer. Banyak yang beranggapan jika Tyler Durden merupakan tokoh film paling memorable sepanjang masa.

Fight Club
Fight Club – By Pinterest

Cerita ini berawal dari seorang karyawan kantor yang mengidap insomnia akut. Dalam film ini Narrator (Edward Norton) tidak disebutkan namanya. Ia tidak bisa tidur di malam hari sehingga terkesan memiliki kehidupan ganda, hidupnya lalu berubah saat bertemu dengan seorang sales sabun bernama Tyler Durden (Brad Pitt). Tyler Durden merupakan seorang pria yang sangat berbeda dengan Pria Insomnia ini. Dia bersifat agresif, kritis, bebas dan liar. Mereka memulai kehidupan gila dengan membentuk sebuah Klub dengan nama ‘Fight Club’ (Klub bertarung) lalu berubah menjadi aksi terorisme berlabel ‘Project Mayhem’.

Fight Club
Fight Club – By Startyourfight

Shocking Ending Scene :

Ketika Film mendekati akhir cerita, disaat kekacauan terjadi dimana-mana dan Bom di beberapa gedung akan meledak. Si Narrator mencoba untuk menghentikan semuanya dan dari sinilah dia sadar Ternyata Pria pembuat sabun yang bernama Tyler Durden ini tidak nyata. Dia hanyalah kepribadian lain dari si Pekerja Kantoran (Sang Narrator).

5. The Mist

The Mist dirilis pada tahun 2007, mempunyai Rate 7,2 di IMDB. Merupakan adaptasi dari novel karangan Stephen King yang ditulis pada tahun 1980, dengan judul yang sama,The Mist. Film ini disutradarai oleh Frank Darabont, yang sebelumnya juga telah pernah mengangkat beberapa novel karangan Stephen King ke layar lebar. Film ini diperankan oleh Thomas Jane, Marcia Gay Harden, Laurie Holden, Toby Jones, and Andre Braugher. Inilah film dengan ending paling memuakkan sepanjang masa, Kamu mungkin akan merasa kecewa dan sangat bertanya-tanya mengapa, mengapa dang mengapa ?

The Mist
The Mist – By IMDB

Seorang seniman David Drayton dan penduduk lainnya diserang oleh mahkluk yang mencari mangsanya di dalam kabut. Mereka menduga penyebabnya adalah sebuah eksperimen yang diberi nama “The Arrowhead Project” yang merupakan markas rahasia militer, dan hal ini mengancam keselamatan warga desa. Saat mereka berlindung disebuah supermarket, Drayton dan warga yang selamat harus berhadapan satu sama lain sebelum melawan musuh yang tak terlihat. David harus bertahan hidup di sana bersama dengan sekumpulan orang-orang yang rupanya memiliki ketakutannya masing-masing terhadap fenomena ini. Namun, setelah supermarket tersebut diserang oleh sekumpulan monster-monster serangga yang membunuh serta melukai beberapa orang  di antaranya, Mrs. Carmody yang sempat dihinggapi oleh monster tersebut namun kemudian hilang begitu saja saat dirinya membaca beberapa ayat suci.

The Mist
The Mist – By Horror Freak News

Shocking Ending Scene :

Saat Cerita mendekati akhir dan yang selamat tinggal empat orang. Karena sudah merasa menemui jalan buntu serta putus asa, mereka memutuskan bunuh diri menggunakan sebuah pistol yang kebetulan isi pelurunya tinggal tiga. Tak berselang lama setelah tiga orang bunuh diri termasuk anaknya David, secara mengejutkan muncullah bantuan militer dari tentara pertanda bahwa keadaan sudah aman terkendali.

Itulah beberapa Film yang menurut Penulis memiliki Ending paling mengesankan, bagaimana menurut kalian Guys ? Jika ada kesalahan mengetik atau kata yang tidak dimengerti mohon dimaklumi karena Penulis masih dalam proses belajar. Jika kamu punya Film lain untuk ditambahkan ke List diatas silahkan kirimkan melalui Kontak dibawah ya. Thanks 🙂