Foto By Radio canada
Foto By Radio canada

Apa itu Rap dan Rapper ?

Rap adalah salah satu dari empat elemen budaya Hip-hop. Rap merupakan teknik vokal yang berkata-kata dengan cepat, sementara pelakunya disebut rapper. Kali ini boga bagi tidak akan membahas secara detail tentang perkembangan maupun sejarahnnya. Yang akan boga bagi bahas adalah siapa aja rapper terbaik dan terkenal di Dunia menurut versi boga bagi. Yo sobat langsung cek aja listnya dibawah ya :

1. Eminem

Eminem By Youtube
Eminem By Youtube

Eminem atau biasa disebut slim shady atau marshall mathers. Nama aslinya adalah Marshall Bruce mathers III. Dia lahir di Detroit, Michigan, Amerika Serikat pada tanggal 17 Oktober 1972. Eminem merupakan Rapper paling terkenal, selain sebagai rapper diapun bekerja sebagai produser rekaman dan pernah bermain film layar lebar.

Dia mendapat 10 album dengan penjualan terbanyak dalam Billboard 200 (Termasuk proyeknya dengan Bad Meets Evil dan D12). Dia telah menjual 42 juta track dan 41.5 juta album di Amerika Serikat dan 90 juta lebih di seluruh dunia. Jika sobat bertanya kepada Boga bagi siapa rapper paling berprestasi dan paling terkenal, sudah pasti jawabannya adalah Eminem. Entah sudah berapa banyak penghargaan yang dia dapat, yang pasti banyak sekali.

2. Dr. Dre

Dr Dre By Rolling Stone
Dr Dre By Rolling Stone

Dr. Dre bernama asli Andre Romelle Young. Dr. Dre lahir di Compton, California, Amerika serikat pada tanggal 8 Februari 1965. Ia adalah seorang Record Producer, record executive, dan aktor, juga founder dan CEO dari aftermath Entertainment dan mantan co-founder dan artis dari Death Row Records. Tahukah sobat bahwa Dr. dre telah memproduce album dan menjadi pondasi dari banyak rapper rapper terdahsyat di dunia seperti Snoop Dogg, Eminem dam 50 cent.

Pada era 2000an Dre memfokuskan kariernya untuk memproduce artist-artis lain dan terkadang tetap berkontribusi menyumbangkan suara pada album artist2 binaannya. DR. dre kemudian mendapatkan tanda tangan Eminem dan 50 cent pada tahun 1996 dan 2003 dan dengan bangga memberkan kontribusi yang tidak sedikit pada album kedua artis ini. Majalah Rolling Stones menempatkan Dr. Dre sebagai salah satu performer dengan bayaran tertinggi pada tahun 2001 dan 2004.

3. Tupac

Tupac By unilad
Tupac By unilad

Namanya adalah Tupac amaru shakur, lahir di New york city, New york, Amerika serikat pada tanggal 16 juni 1971. Tupac adalah seorang rapper, aktor, aktivis, dan penyair dari AS. Ia memiliki nama samaran 2Pac, Makaveli, dan ‘Pac. Dalam Guinness Book of World Records ia dikenal sebagai rapper tersukses dunia, karena ia menjual lebih dari 73 juta album di dunia, termasuk 44,5 juta di AS. Kebanyakan lagu Shakur ditulis mengenai kekerasan di ghetto, rasisme, masalah sosial, dan kadang pertengkarannya dengan rapper lain.

Pada umur 25 tahun, tepatnya pada tanggal 13 september 1996 dia meninggal. Shakur ditembak 4 kali oleh orang tak dikenal di Las Vegas, Nevada. Enam hari sesudah ditembak, Shakur tewas karena kegagalan pernapasan dan gagal jantung di University Medical Center, Las Vegas.

4. Wiz Khalifa

Wiz Khalifa By Desi Hip Hop
Wiz Khalifa By Desi Hip Hop

Cameron Jibril Thomaz (lahir 8 September 1987), lebih dikenal dengan nama panggung Wiz Khalifa, adalah seorang penyanyi, rapper, dan penulis lagu asal Amerika Serikat. Dia merilis album debutnya, Show and Prove, pada tahun 2006, dan menandatangani kontrak dengan Warner Bros Records pada tahun 2007.

Karirnya semakin melejit setelah duetnya bersama charlie puth dalam Soundtrack film Furious 7, dengan lagu berjudul “See You Again”. Uniknya nama panggung khalifa berasal dari kakeknya yang seorang Muslim. Khalifa yang berarti penerus dan Kebijaksanaan.

5. Kanye West

Kanye west By The Almost Doctor channel
Kanye west By The Almost Doctor channel

Kanye Omari West lahir di Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, 8 Juni 1977. Dia adalah seorang produser rekaman dan rapper AS serta memiliki perusahaan rekaman GOOD Music. Kanye West dilahirkan di Atlanta, Georgia, di mana ia tinggal bersama kedua orangtuanya. Ketika ia berusia 3 tahun, mereka bercerai.

Ia dan ibunya pindah ke Chicago, Illinois. Ia bersekolah di Polaris High School, American Academy of Art, dan Columbia College Chicago, namun kemudian putus sekolah untuk memusatkan perhatian pada karier musiknya. Ia telah menjadi produser rekaman untuk Jay-Z, Common, Mobb Deep, Jermaine Dupri, The Game, Alicia Keys, Janet Jackson, Eminem, dan John Legend. Menikah dengan Kim Khardasian dan mempunyai seorang putri Nort West.

Sebenarnya masih banyak rapper yang bisa dikatergorikan terbaik seperti snopp dog, 50 cent, Ludacris, Jay z, dan Notorious Big. Namun karena yang kita bahas hanya 5 saja maka yang lainnya tidak dimasukan ke list diatas. Jika sobat ingin mengkritik silahkan tulis di kolom komentar atau hubungi kontak yang ada dibawah.