jokowi viral

Sosok Presiden Joko Widodo memang bisa dibilang selalu mencuri perhatian. Semua gerak-geriknya menjadi sorotan dan tak luput dari komentar dan tanggapan. Menjadi presiden masa kini rasanya memang harus lebih siap mental, mengingat apapun yang dilihat publik akan langsung tersampaikan kilat lewat media sosial.

Apalagi Joko Widodo dikenal sosok pemimpin yang tak neko-neko, jadi tak heran justru membuat makin penasaran. Tak hanya kehidupannya saja yang mengundang penasaran, setiap barang yang dikenakan orang nomor satu di Indonesia ini kerap jadi perbincangan ramai oleh warganet. Terakhir soal pulpen yang dipakai Jokowi saat debat pilpres kedua 2019.

Barang-barang Joko Widodo yang Jadi Viral

Bahkan ini sempat membuat publik heboh menuding dengan dugaan-dugaan yang di luar batas. Ada yang mengira pulpen tersebut berkaitan dengan isu liar yang berkembang terkait Jokowi kenakan earphone saat debat.

Padahal tak ada earphone yang dikenakan presiden saat debat pilpres kedua. Tudingan Jokowi mendapat bantuan ketika debat melalui earphone ini jadi mengaitkannya dengan pulpen yang dibawa Jokowi kala itu.

Pulpen yang dibawa disangka alat pengendali jarak jauh maupun alat perekam yang canggih. Melainkan hanya pulpen seharga Rp 29 ribu yang bisa dibeli di toko Gramedia. Sungguh aneh bukan tudingan netizen ini? Bahkan Jokowi menanggapinya sebagai fitnah.

Tampaknya setiap apa yang dibawa, dipakai ataupun digunakan sang presiden ini selalu diperhatikan publik ya. Nah, berikut ini ada 8 benda keseharian miliki Presiden ke-7 yang mendadak viral. Simak ya, siapa tahu kamu juga ingin memilikinya.

1. Pulpen Merk Zebra

Pulpen yang dipakai Jokowi

Seperti yang sudah dikemukakan di atas, pulpen fenomenal Jokowi inipun sempat dituding alat canggih untuk membantu ketika debat berlangsung. Namun kenyataannya pulpen yang dibawa Joko Widodo hanyalah pulpen sehara Rp 29 ribu.

Pulpen tersebut bermerek Zebra F-301 dengan tampilan body lebih terkesan mewah terbuat dari bahan stainless steel. Bahkan pulpen ini bisa ditemukan di toko Gramedia atau lainnya. Lucu juga ya netizen, kok bisa punya dugaan seperti itu?

Lebih lengkapnya lagi, produsen Zebra ini berasal dari Jepang. Perusahaan yang sudah berdiri selama 120 tahun di negaranya ini juga sudah lama berada di tanah air. Zebra Indonesia sudah ada selama 27 tahun.

2. Sarung

Sarung yang dikenakan Jokowi

Kehidupan sederhana dan apa adanya memang melekat pada kepribadian Jokowi dan keluarga. Menariknya, bapak dari tiga anak ini memilih untuk tampil lebih santai saat datang ke Pekalongan, Jawa Tengah.

Kakek dari Jan Ethes ini memakai setelan kemeja putih, berjas hitam, sarung, serta peci. Penampilan suami dari Iriana ini mengundang perhatian hingga warganet heboh menebak merek sarung yang dikenakan.

3. Jaket Ala Dilan

jaket jokowi ala dilan

Masih ingat dengan aksi Jokowi saat ke Sukabumi beberapa waktu lalu? Kejadian ini juga sempat viral, lantaran presiden kenakan jaket denim layaknya sosok Dilan pada sebuah film.

Dengan motor gede yang dikendarai, Jokowi mendapat julukan ‘Dilan’ dari warganet. Hingga akhirnya jaket yang dipakai jadi viral. Jaket yang dikenakan presiden kala itu ternyata karya seniman lokal Never Too Lavish dengan harga Rp 4 juta. Minat beli juga?

4. Payung 212

payung jokowi

Masih ingat momen ini? Ya, Jokowi saat turut hadir dalam acara aksi 212 tahun 2016 di Monas. Bahkan Jokowi datang dari istana negara menuju Monas dengan jalan kaki. Terlebih kala itu kondisi hujan deras, sehingga mengharuskannya menggunakan payung.

Tanpa bantuan ajudan, Presiden RI ini memilih untuk membawa payungnya sendiri. Sontak hal ini jadi pusat perhatian dan perbincangan netizen di dunia maya sampai jadi trending topic di twitter.

Kemarin pilih 01 atau 02 nih? Berikut Perbedaan 5 Surat Suara Pemilu 2019 Serta Cara Mencoblosnya.

5. Laptop Saat Nonton Piala AFF 2016

laptop jokowi

Pada tahun 2016 lalu, saat Jokowi harus melakukan kunjungan ke Iran, presiden masih tetap memberikan dukungan kepada Timnas Indonesia.

Pada Piala AFF yang diikuti timnas, Jokowi tetap menyaksikan melalui laptop dan menyampaikan dukungan melalui twitter. Lagi-lagi, barang yang digunakan mengundang penasaran. Netizen pun jadi sibuk menerka-nerka merek laptop yang dipakai presiden.

6. Helm yang Dikenakan Saat Open Ceremony Asian Games 2018

helm jokowi

Pada penyelenggaraan Asian Games 2018, Presiden Joko Widodo juga turut terlibat dalam proses pembukaan. Bahkan di open ceremony ada adegan Jokowi mengendarai motor Yamaha FZ1 dari Istana Bogor menuju stadion Gelora Bung Karno, meskipun tetap momen tersebut digantikan stuntman.

Tapi publik banyak sekali yang mengagumi Jokowi sekaligus stuntman-nya. Penampilannya sampai jadi trending topic di media sosial. Bahkan helm full face yang dikenakan dalam action tersebut juga berubah viral.

Banyak yang mengomentari dan penasaran akan jenis helm tersebut. Helm viral ini punya fitur chin guard flip up, extractor, ventilasi, dan banyak fitur lain.

7. Batik

batik jokowi

Sebagai kepala negara memang sudah seharusnya penampilan Jokowi harus formal. Namun tak selamanya harus kenakan jas lengkap dalam menunaikan kegiatan kenegaraan. Ada kalanya juga presiden yang berasal dari Solo ini kenakan kemeja batik. Bahkan ini menjadi tren sendiri lho bagi publik.

Ada banyak masyarakat yang mengikuti tren batik Jokowi. Hal ini pernah diungkapkan Suparto, penjahit langganan Jokowi di Solo. Rupanya ada banyak pesanan batik dengan motif Padi Seiket hitam dan cokelat, juga ada motif rajawali merah, serta batik motif kawung.

Kesemuanya merupakan motif-motif yang sering dipakai oleh Joko Widodo. Wah, karena Jokowi, batik menjadi tren di kalangan masyarakat dan jadi makin digemari ya!

8. Sandal Jepit

sandal jepit jokowi

Sandal jepit sudah bukan barang aneh yang sering dipakai oleh semua orang di Indonesia. Namun berubah jadi viral saat dikenakan Jokowi. Kembali netizen dibuat salah fokus dengan sandal jepit yang dikenakan Joko Widodo saat kunjungan ke Papua.

Tampak penampilan Jokowi begitu sederhana dengan celana hitam, jaket merah, dan sandal jepit saat berada di kapal sembari memancing.

Sandal jepit yang dipakai pun berhasil ditelusuri usai heboh. Sandal tersebut bermerek Swallow Classic D05 dengan harga kisaran Rp 20 ribu. Sampai segitunya ya warganet heboh!

9. Jaket Bomber

jaket bomber jokowi

Presiden Joko Widodo juga pernah menggunakan Jaket Bomber berwarna hijau tua yang banyak menarik perhatian masyatakat. Jaket bomber tersebut dikenakan Jokowi pada saat jumpa pers pada 5 November 2016 dini hari, terkait aksi dama 411.

Banyak nitizen yang menebak-nebak merek jaket yang dikenakan Jokowi. Dan tagar #JaketJokowi sempat masuk dalam daftar topik yang banyak dibicarakan di Twitter pada saat itu.

Selang bebera saat, terungkaplah jaket Jokowi tersebut. Jaket tersebut bermerek Zara dan dijual seharga Rp900 ribu. Jaket tersebut jadi incaran anak muda. Lalu sehari berikutnya jaket ini sudah ludes terjual di butik Zara yang berlokasi di Grand Indonesia, Plaza Indonesia, dan Pondok Indal Mall.

Lucunya, tidak lama setelah viral, muncul jaket bomber Jokowi kualitas KW yang banyak dijual di pasar-pasar dan juga di marketplace.

10. Sandal Biru

sandal jokowi

Selain sandal jepit, Jokowi pun pernah membeli Sandal berwarna biru yang banyak menyita perhatian masyarkat. Pada 4 Desember 2017 Jokowi mengunggah sepasang sandal merek Fladeo di akun Facebook dan Twitter miliknya.

Sendal Biru Jokowi tersebut dibeli pada saat blusukan di Balikpapan, tepatnya pada sat mengunjungi e-Walk Balikpapan Superblock. Sepertinya Jokowi ingin mempromosikan produk buatan lokal lewat unggahannya di media sosial. Ia juga mengatakan bahwa produk buatan Indonesia memiliki kualitas yang bagus.

“Mampir ke Balikpapan Superblock beli sandal. Lumayan dapat diskon 50 persen dan tambahan diskon 20 persen. Harga asal Rp 299 ribu, setelah diskon jadi Rp 119 ribu. Produk Indonesia bagus kualitasnya,” tulis Jokowi pada keterangan foto tersebut.

Postingan tentang Sendal Biru Jokowi tersebut mendapat respon positif dari warganet. Banyak komentar mengapresiasi langkah Jokowi dalam mempromosikan produk buatan lokal.

11. Casing Handphone

casing jokowi

Pada awal Desember 2017, publik pernah dibuat penasaran dengan casing handphone yang digunakan Jokowi yang memiliki motif peta Indonesia pada bagian belakangnya.

Casing HP tersebut berwarna hitam dengan gambar timbul peta Indonesia berwarna putih. Publik mengetahuinya pada saat Jokowi sedang memegang handphone seperti sedang melakukan vlog tentang kegiatannya di warung kopi Sewija yang berlokasi di Jalan Progo, Bandung, Jawa Barat.

Hal tersebut menjadi viral setelah Sekretaris Kabinet Pramono Anung membagikan momen tersebut lewat akun Twitternya.

Casing handphone yang digunakan Jokowi tersebut banyak mendapat komentar dari nitizen. Banyak juga komentar berupa pujian terhadap casing handphone Jokowi tersebut, bahkan ada nitizen yang bertanya kepada Kaesang Pangarep, di mana Jokowi membeli Casing tersebut.

Kalau melihat semua itu, memang unik ya. Sepertinya presiden kita ke-7 ini memiliki magnet kuat bagi masyarakat hingga akhirnya sering mencuri perhatian hingga bikin gagal fokus. Namun sepanjang hal itu masih dalam batas positif, tentu tak masalah untuk diikuti ataupun jadi tren. Benar bukan?