Cara Menggunakan WhatsApp Web
Cara Menggunakan WhatsApp Web

Berkirim pesan melalui WhatsApp bisa sangat merepotkan, terlebih kita harus melakukannya dengan banyak orang melalui smartphome, tentu saja kita akan menghadapi keterbatasan dalam hal kecepatan mengetik dalam menyusun kalimat.

Khususnya untuk Anda yang memiliki usaha yang pelayanannya dilakukan melalui Whatsapp, pasti akan sangat merepotkan jika melakukanya melalui smartphone. Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa memanfaatkan layanan WhatsApp Web.

Dengan WhatsApp Web, kita bisa membaca dan membalas pesan WhatsApp melalui browser, baik itu browser pada PC atau laptop. Juga dengan membuka WhatsApp versi Web, akan memudahkan anda dalam mengetik cepat pesan Whatsapp karena menggunakan keyboard.

Untuk Anda yang baru mengetahuinya, mungkin akan bertanya ‘bagaimana cara mengunakan WhatsApp Web?’ Nah pada artikel ini kita akan coba membahasnya. Anda bisa langsung memperaktikannya.

Beberapa Hal yang Harus diketahui Tentang WhatsApp Web

Sebelum menggunakan layanan WhatsApp Web, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa hal. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menggunakan layanan ini. Smartphone yang Anda gunakan harus menggunakan sistem operasi berikut :

  • Android
  • iOS 8.1 atau lebih baru
  • Windows Phone 8.0 atau 8.1
  • Nokia S60, Nokia S40
  • BlackBerry dan BlackBerry 10

Perlu diketahui juga, saat Anda menggunakan WhatsApp di komputer, smartphone tetap harus tetap dalam kedaan hidup dan tersambung dengan internet, baik itu jaringan internet data maupun WiFi. Hal ini karena fitur WhatsApp Web hanya mirror dari aplikasi WhatsApp yang terpasang pada smartphone.

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Berikut adalah langkah-langkah cara menggunakan WhatApp Web. Anda bisa langsung mempraktikannya.

1. Buka Browser dan Kunjungi situ https://web.whatsapp.com/

Anda bebas memilih pramban yang akan digunakan untuk mengakses WhatsApp Web. Karena hampir semua jenis browser desktop sperti Google Chrome, Microsoft Edge, Mozilla Firefox, Opera, atau Apple Safari bisa mengakses situs layanan WhatsApp Web

2. Temukan QR Code pada Laman WhatsApp Web

Cara Memindai QR Code Whatsapp Web

Masih kesulutan melihat barcode whatsapp ?

Saat Anda mengakses halaman WhatsApp Web, akan tampilan gambar QR Code yang berada sebelah kanan. Pastikan Keep me signed in sudah tercentang, agar tidak perlu melakukan pindai QR Code berulang kali saat akan menggunakan WhatsApp Web.

3.  Pindai QR Code dengan Aplikasi WhatsApp pada Smartphone

Pindai QR Code dengan Aplikasi WhatsApp pada Smartphone

Untuk menggunakan layanan WhatsApp Web, Anda di haruskan untuk melakukan pemindaian QR Code pada laman situs WhatsApp Web yang sudah dijelaskan pada pada poin kedua.

Untuk cara pemindaiannya cukup mudah, Anda hanya perlu menjalan aplikasi WhatsApp pada Smartphone. Kemudian masuk ke Menu dengan cara klik ikon(titik tiga horizontal pada Android dan ikon gear pada iOS) yang berada di atas kanan layar.

Selanjutnya pilih WhatsApp Web, arahkan kamera smartphone belakang Anda pada bagian QR Code, maka secara otomatis layanan WhatsApp Web akan terbuka.

4.  Cara Memulai Berkirim Pesan

Fitur WhatsApp Web

Untuk berkirim pesan atau chatting dengan pengguna WhatsApp lainnya bisa dengan klik tombol “New Chat, atau jika ingin melanjutkan percakapan sebelumnya bisa memilih daftar pesan pada tampilan depan. Sebetulnya untuk cara penggunaannya tidak jauh berbeda, tinggal menyesuaikan beberapa bagian pad fiturnya.

5. Cara Log Out dari WhatsApp Web

Untuk melakukan log out dari WhatsApp Web mudah, bisa langsung dilakukan pada halaman depan WhatsApp Web, klik ikon titik tiga yang berada di sebelah kanan foto profil Anda. Tinggal tekan tombol Log Out, maka akun WhatsApp Anda akan keluar.

Nah, itu cara dan langkah-langkah menggunakan WhatsApp versi Web. Dengan menggunakan WhatsApp Web, seperti yang sudah dijelaskan diatas, kita bisa mengetika menggunakan keyboard fisik, jadi mengetik akan lebih cepat, dibandingkan dengan mengetik melalui kerboard virtual pada smartphone.

Akan memudahkan Anda ketika harus melakukan chatting dengan banyak orang sekaligus, cocok untuk yang memiliki usaha jualan online. Anda bisa membuat tulisan panjang dan mengirimnya langsung melalui WhatsApp versi Web.

Jika ada hal yang ingin ditanyakan atau ada hal yang ingin ditambahkan pada artikel ini, anda bisa menyampaikannya melalui kolom komentar dibawah ini. Semoga bermanfaat cara menggunakan whatsapp web di laptop.