Cara Menggunakan WhatsApp Web di Android

Artikel kali ini akan membahas mengenai cara menggunakan WhatsApp Web. Web WhatsApp merupakan fitur yang memungkinkan pengguna menggunakan WhatsApp di browser PC dan Android.

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi chatting yang banyak digemari oleh pengguna di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Tidak melulu untuk berkirim pesan secara cepat, tetapi juga saling berkirim gambar, video, foto, GIF, hingga lokasi live pun bisa diakomodasi oleh platform satu ini.

Pengguna WhatsApp kini juga semakin dimanjakan dengan beragam fitur yang kian lengkap. Apalagi aplikasi WhatsApp sampai saat ini bebas iklan yang biasanya mengganggu. Tak mengherankan bila platform chatting ini makin hari makin banyak digemari.

Pengembang sendiri rupanya terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi pengguna, seperti bisa menggunakannya pada PC, laptop, hingga MAC melalui browser atau dikenal dengan istilah WhatsApp Web bukan Whatsweb.

Meskipun aplikasi yang sudah diakuisisi Facebook ini kabarnya akan lakukan monetisasi dengan menampilkan iklan, rupanya sampai saat ini belum terealisasi. Meski begitu salah satu pendiri WhatsApp Brian Acton sudah menyatakan mundur dari tim lantaran tidak sependapat dengan hal itu.

Terlepas dari hal itu, WhatsApp kini terus meng-update fitur baru. Bila selama ini WhatsApp bisa dibuka melalui website dengan membuka web.whatsapp.com lewat browser pada PC atau laptop, kini bisa juga dibuka di hp. Sehingga kini tidak hanya bisa menggunakan aplikasi WhatsApp di ponsel, versi WhatsApp Web pun bisa diterapkan di smartphone. Bagaimana caranya?

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Seperti yang kita ketahui bersama, untuk menggunakan WhatsApp Web harus memindai QR Code yang ada pada situs web.whatsapp.com dengan aplikasi WhatsApp. Pada laman tersebut, Anda dapat memindai QR Code yang muncul pada WhatsApp Web. Maka secara otomatis semua percakapan yang ada pada aplikasi WhatsApp di handphone akan muncul pada WhatsApp Web.

Namun ini tak bisa dilakukan pada browser smartphone. Karena secara otomatis akan ditolak dan sulit diakses oleh Whatsweb. Tapi Anda tetap bisa membuka WhatsApp di smartphone dengan bantuan aplikasi khusus. Aplikasi ini bernama Whats Web.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Android

Bagaimana cara menggunakan whatsapp web? Berikut langkah-langkahnya.

Sebelum itu, Anda harus menyiapkan dua ponsel untuk bisa melakukan langkah ini. Sebab satu untuk aplikasi WhatsApp, sementara satunya akan jadi tempat untuk membuka WhatsApp versi web dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Cara menggunakan Wa Web:

whatweb apps
  • Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan mengunduh dan memasang aplikasi Whats Web dahulu melalui Google Play Store secara gratis.
  • Setelah terinstal pada ponsel Android maka Anda bisa membuka aplikasi WhatsApp pada smartphone lain.
  • Buka dan jalankan aplikasi Whats Web akan tampil QR Code.
  • Buka juga aplikasi WhatsApp pada ponsel satunya dan pilih menu WhatsApp Web.
  • Kemudian arahkan pemindai pada pilihan tersebut pada QR Code yang muncul pada Whats Web.
  • Jika sudah maka secara otomatis semua percakapan yang ada pada aplikasi WhatsApp akan tampil semuanya di Whats Web pada smartphone satunya.
  • Maka dengan begitu WhatsApp versi web sudah dapat digunakan.

Cara ini memang terbilang gampang, namun bisa dikatakan juga ribet karena harus memiliki dua ponsel Android untuk bisa mengaktifkan dua WhatsApp.

Terlebih saat ini melakukan duplikasi WhatsApp dengan satu ponsel saja sudah dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Sehingga tak perlu repot-repot membuka Web Wa melalui android.

Meski demikian, tak ada salahnya mencoba bukan? Dengan begitu Anda dapat mengetahui mana yang lebih mudah dan praktis pastinya. Selamat mencoba ya!

Tinggalkan Balasan