Masih belum tahu cara menggunakan aplikasi WhatsApp Web? Ternyata, selain bisa digunakan di PC atau Laptop, WhatsApp Web juga bisa digunakan di ponsel pintar loh.

Pengembang WhatsApp rupanya terus berupaya memberikan layanan terbaik bagi pengguna, seperti bisa menggunakannya pada PC, laptop, hingga MAC melalui browser atau dikenal dengan istilah WhatsApp Web bukan Whatsweb.

Meskipun aplikasi yang sudah diakuisisi Facebook ini kabarnya akan lakukan monetisasi dengan menampilkan iklan, rupanya sampai saat ini belum terealisasi.

Meski begitu salah satu pendiri WhatsApp Brian Acton sudah menyatakan mundur dari tim lantaran tidak sependapat dengan hal itu.

Terlepas dari hal itu, WhatsApp kini terus meng-update fitur baru. Bila selama ini WhatsApp bisa dibuka melalui website dengan membuka web.whatsapp.com lewat browser pada PC atau laptop, kini bisa juga dibuka di hp.

Sehingga kini tidak hanya bisa menggunakan aplikasi WhatsApp di ponsel, versi WhatsApp Web pun bisa diterapkan di smartphone. Bagaimana caranya?

Cara Menggunakan Whatsapp Web

Untuk menggunakan WhatsApp Web cukup mudah, kita hanya perlu memindah QR Code dengan kamera yang tampil pada situs WhatsApp Web.

Berikut cara menggunakan WhatsApp Web:

  1. Jalankan peramban dan kunjungi situs web.whatsapp.com. Nantinya akan muncul QR Code.
  2. Jalankan aplikasi WhatsApp, lalu masuk ke Menu (tekan titik tiga vertikal di sisi kanan atas aplikasi).
  3. Pilih menu WhatsApp Web. Lalu tekan ikon + (Plus) di sisi kanan atas.
  4. Selanjutnya arahkan kamera belakang ponsel ke situs WhatsApp Web yang menampilkan QR Code tadi.
  5. Maka secara otomatis WhatsApp akan tersinkron dengan WhatsApp Web.

Fitur WhatsApp Web juga bisa digunakan untuk menyadap WhatsApp orang lain. Namun, supaya tidak ketahuan harus menggunakan cara khusus. Berikur Cara Menyadap WhatsApp tanpa ketahuan.

Namun ini tak bisa dilakukan pada browser smartphone. Karena secara otomatis akan ditolak dan sulit diakses oleh Whatsweb. Tapi Anda tetap bisa membuka WhatsApp di smartphone dengan bantuan aplikasi khusus. Aplikasi ini bernama Whats Web.

Cara Menggunakan WhatsApp Web di Android

Bagaimana cara menggunakan whatsapp web? Berikut langkah-langkahnya.

Sebelum itu, Anda harus menyiapkan dua ponsel untuk bisa melakukan langkah ini. Sebab satu untuk aplikasi WhatsApp, sementara satunya akan jadi tempat untuk membuka WhatsApp versi web dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Cara menggunakan Wa Web:

whatweb apps
  1. Hal yang harus dilakukan pertama kali adalah dengan mengunduh dan memasang aplikasi Whats Web dahulu melalui Google Play Store secara gratis.
  2. Setelah terinstal pada ponsel Android maka Anda bisa membuka aplikasi WhatsApp pada smartphone lain.
  3. Buka dan jalankan aplikasi Whats Web akan tampil QR Code.
  4. Buka juga aplikasi WhatsApp pada ponsel satunya dan pilih menu WhatsApp Web.
  5. Kemudian arahkan pemindai pada pilihan tersebut pada QR Code yang muncul pada Whats Web.
  6. Jika sudah maka secara otomatis semua percakapan yang ada pada aplikasi WhatsApp akan tampil semuanya di Whats Web pada smartphone satunya.
  7. Maka dengan begitu WhatsApp versi web sudah dapat digunakan.

Cara ini memang terbilang gampang, namun bisa dikatakan juga ribet karena harus memiliki dua ponsel Android untuk bisa mengaktifkan dua WhatsApp.

Terlebih saat ini melakukan duplikasi WhatsApp dengan satu ponsel saja sudah dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi pihak ketiga. Sehingga tak perlu repot-repot membuka Web Wa melalui android.

Ingin menggunakan WhatsApp lebih dari satu akun? Untuk melakukannya simak tulisan Cara Cloning WhatsApp.

Meski demikian, tak ada salahnya mencoba bukan? Dengan begitu Anda dapat mengetahui mana yang lebih mudah dan praktis pastinya. Selamat mencoba ya!

Avatar
Author

Seseorang yang masih terus belajar dan mengasah kemampuan menulis.

Write A Comment