Cara Cek NISN Siswa

NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) adalah sistem pelayanan dan pengelolaan nomor induk siswa nasional yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sudah tahu cara cek NISN Online?

NISN memiliki fungsi sebagai tanda pengenal siswa-siswi sekolah di seluruh Indonesia. Nomor induk yang dipakai setiap siswa juga berbeda-beda sesuai dengan nomor yang sudah ditetapkan oleh Kemendikbud.

Cara mengecek NISN bisa dilakukan secara online, lebih mudah jika menggunakan browser di laptop. Namun, jika NISN Anda tidak muncul sebaiknya menghubungi pihak sekolah atau jika ingin prosesnya lebih cepat bisa menghubungi langsung pihak Kemendikbud.

Apa Manfaat NISN?

Perlu diketahui, pada dasarnya NISN ini akan diberikan pada setiap siswa yang bersekolah di sekolah yang memiliki NPSN dan sudah terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Namun nyatanya ada banyak kasus dimana siswa tidak mengetahui NISN miliknya, padahal setiap siswa sudah pasti memiliki NISN dan sudah terdaftar di Kemendikbud. Ada juga kasus di mana seorang siswa tidak bisa mengikuti Ujian Nasional dengan alasan tidak memiliki NISN.

  1. Untuk identifikasi setiap siswa di seluruh sekolah di Indonesia secara standar, konsisten, dan berkesinambungan.
  2. Sebagai layanan sistem pengelolaan NIS siswa secara online.
  3. Sebagai sistem yang mendukung program Dapodik dan beberapa program seperti perencanaan pendidikan.

Biasanya kasus-kasus di atas bisa terjadi karena orang tua siswa melewatkan NISN pada daftar ulang sekolah atau bisa juga karena pihak sekolah yang kurang teliti.

Berikut adalah cara mengecek NISN siswa mulai dari SD, SMP hingga SMA dengan akurat.

Cek NISN Online

1. Anda bisa membuka laman Kemendikbud di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data melalui browser di handphone atau laptop Anda.

cek nisn melalui nama

2. Klik Pencarian Berdasarkan Nama untuk mencari NISN Anda.

cek nisn berdasarkan sekolah

3. Masukkan data seperti Nama Lengkap Siswa, Tempat Lahir, Tanggal Lahir, dan Nama Ibu pada kolom yang sudah disediakan.

nisn siswa

4. Pastikan semua data sudah terisi dengan benar sebelum Anda menekan tombol Cari pada bagian bawah halaman formulir.

nisn online

Anda akan diarahkan pada halaman hasil pencarian. Apabila halaman yang muncul adalah No records to display, berarti ada kesalahan dalam pengisian data dan Anda harus mengulangi pengisian data kembali. Anda harus mengulangi pencarian NISN berdasarkan nama siswa dengan klik menu Data Siswa.

Pada halaman ini akan ada biodata siswa berikut dengan NISN yang Anda cari. Data yang muncul berupa NISN, nama, jenis kelamin, tempat lahir serta tanggal lahir siswa.

Menghubungi Kemendikbud

Apabila Anda sudah melakukan cek NISN melalui nama melalui internet namun masih tidak menemukan NISN Siswa yang Anda cari, Anda dapat menghubungi pihak Kemendikbud secara langsung.

Anda dapat datang secara langsung ke kantor pelayanan terpadu milik Kemendikbud atau menelepon ke call center Kemendikbud dan mengirim email.

Layanan Terpadu Kemendikbud:

  • Gedung C lantai 1, Komplek Kemdikbud, Senayan, Jakarta 10270
  • Email : pengaduan@kemdikbud.go.id
  • Call Center : 177
  • Telp : (021) 5703303
  • Fax : (021) 5733125
  • SMS : 0811976929

Berikut adalah pertanyaan dan jawaban terkait NISN yang sering Anda jumpai.

Saya tidak mempunyai NISN, bagaimana cara untuk mendapatkannya?

  1. Cek NISN secara online melalui internet dan masukkan data yang diminta.
  2. Apabila data yang Anda cari tidak ditemukan, Anda bisa mengunduh formulir peserta didik (f-PD) dan formulir A-1 pada situs NISN.
  3. Cetak formulir yang telah Anda unduh dan lakukan pengisian data.
  4. Serahkan formulir pada operator NISN atau NPSN di sekolah asal siswa.
  5. Kemudian pihak sekolah dapat mengirimkan formulir A-1 ke PDSP melalui email pdsp@kemdiknas.go.id.

Itulah cara cek NISN yang bisa Anda lakukan apabila kehilangan atau tidak memiliki NISN. Jadi sekarang ini tidak perlu khawatir lagi dengan  bisa mengikuti ujian apabila Anda tidak memiliki NISN karena Anda bisa menerapkan cara diatas.

Tinggalkan Balasan