Dampak Negatif Es Kepal Milo
Dampak Negatif Es Kepal Milo

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia memiliki beranekaragam kuliner dan jajan yang lezat, juga selalu bermunculan jenis makan baru setiap harinya, itu karena masyarakat kita cukup kreatif dalam hal kuliner. Salah satu jajanan yang sedang populer adalah Es Kepal Milo.

Es Kepal Milo terkenal dengan rasanya yang lezat dengan berbagai campuran topping yang menggugah selera, namun ternyata ada hal yang harus diperhatikan terkait dengan jajan ini, karena ada beberapa rahasia yang luput diketahui masyarakat awam.

Seperti hal dengan jajanan manis jenis lainnya, Es Kepal Milo memiliki kandungan kalori yang cukup banyak. Bahkan menurut informasi yang dikutip dari rula.co.id, menurut seorang pakar gizi  bernama Ali Khomsan, es kepal milo memiliki banyak kandungan gula dan kalori, dimana jika mengkonsumsi gula, lemak dan garam secara berlebihan tentu harus di waspadai karena bisa memicu berbagai penyakit degeneratif.

Memicu penyakit degeneratif
Memicu penyakit degeneratif(kesehatan.blogekstra.com)

Penyakit degeneratif yang paling banyak dikenal adalah obesitas dan diabetes. Ali juga menyerankan agar konsumsi gula sebaiknya hanya 50 gram, kalori sekitar 60-70 gram, dan untuk garam hanya 5 gram dalam sehari. Juga menerapkan pola hidup sehat dan mengatur apa saja yang dimakan setiap harinya.

Kembali lagi mengenai Es Kepal Milo, jumlah kalori yang terdapat pada jajan ini bahkan melebihi jenis kuliner berat yang biasa kita makan, seperti sambal goreng udang, ikan bawal goreng, nasi padang, tumis daun singkong dan telur mata sapi. Semua jenis kuliner berat tersebut kalah dengan segelas es kepal milo.

Berikut beberapa fakta yang kami rangkum mengenai es kepal milo, baca hingga tuntas agar kamu tahu informasi yang benar mengenai jajanan yang satu ini.

Jumlah Kalori Es Kepal Milo akan Membuat program diet Gagal

Perlu diketahui Es kepal milo dibuat dari bebagai bahan seperti 5 sendok bubuk Milo setara dengan 321 Kkal, 100 gram susu kental manis setara 343 Kkal, dan 1 sendok makan bubuk cokelat setara 46 Kkal. Total dari keseluruhan bahan adalah 748 Kkal. Itu sebelum ditambah dengan aneka macam topping seperti biskuit dan lainnya, nilanya bisa melebihi 1000 Kkal.

Masih menurut Ali Khomsan, mengkonsumsi gula, lemak dan garam harus diwaspadai takarannya. Terutama dengan berbagai jenis janan manis khususnya Es Kepal yang sarat akan rasa manis. “Risiko penyakit degeneratif atau penyakit tidak menular seperti obesitas, diabetes akan semakin meningkat”. tambahnya.

Perbandingan kandungan Es Kepal Milo dengan Makanan Berat

Nah, jika dilakukan perbandingan anatara es kepal milo dengan jumlah kalori pada jenis makan berat lainnya, ternyata seporsi es ini jumlah kalorinya setara dengan bebrapa kali mengkonsumsi makan berat seperti makan satu piring nasi padang dengan bermacam-macam lauk yang setara 127 Kkal, atau semangkuk bakso yang mempunyai kalori sebesar 302 Kkal, bisa dikonsumsi sebanyak tiga kali dalam waktu yang bersamaan.

Sudah Memakan Korban

Es Kepal Milo Memakan Korban
Es Kepal Milo Memakan Korban(www.inovasee.com)

Seorang pria asal Malaysia beberapa waktu lalu menceritakan pengalamannya melalui akun facebook dan instragram, masuk rumah saki karena mengkonsumsi terlalu banyak es kepal milo. Pria bernama Nafyamran terkena sinus dan harus dilakukan operasi.

Nafyamran awalanya mengalami pandangan kabur 80%, karena sinus yang menyerang matanya. Kemudian dia dilarikan ke rumah sakit dan harus melakukan oprasi sinus selama 2 jam. Musibah yang di alami Nafyamran ini bisa dijadikan pelajaran untuk kita, mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan tentu ada efek sampingnya juga tidak baik untuk kesehatan. Termasuk Es Kepal Milo ini.

Cukup sekian artikel mengenai Dampak Negatif Es Kepal Milo ini, semoga bisa menambah pengetahuan dan pemahaman kita mengenai es kepal ini. Yang intinya kita tidak boleh berlebihan dalam konsumsi makanan apapun.