Google Street View
Google Street View

Google Street View yang terintergrasi dengan aplikasi Google Maps sangatlah keren sob. Jadi sobat bisa melihat lokasi pada peta beserta gambar lokasinya dengan sudut pandang 360 derajat. Nah, tersebar kabar bahwa google akan mengupdate layanan ini agar gambar yang terlihat semakin jelas dan nyata.

Untuk sobat yang belum mengetahui apa itu Google street view, ini dia deskripsinya dikutip dari laman Wikipedia.

“Google Street View merupakan sebuah fitur Google Maps yang diperkenalkan tahun 2007 dan menyediakan pemandangan jalan 360° dan membolehkan pengguna melihat bagian dari kota pilihan mereka dan wilayah metropolitan sekitarnya pada tingkat dasar. Ketika diluncurkan tanggal 25 Mei 2007, hanya lima kota yang dimasukkan. Kemudian berkembang ke lebih dari 40 kota AS, dan meliputi pinggiran kota, dan kota-kota terdekat”.

Google Street View, ketika dioperasikan, menampilkan foto yang sebelumnya diambil oleh kamera di atas sebuah kendaraan, dan dapat dijelajahi menggunakan tombol panah di keyboard atau mouse dengan menekan panah di layar. Menggunakan cara ini, foto dapat dilihat dalam berbagai ukuran, dari arah manapun, dan berbagai sudut. Garis yang diperlihatkan di sepanjang jalan menandai arah yang diikuti oleh jalan itu.

Proyek Google street View
Proyek Google street View

Nah karena berkembangnya proyek street view, layanan ini selanjutnya menjadikan seluruh jalan di bumi sebagai lanjutan dari suksesnya proyek awal di US. Jadi nanti sobat bisa melihat gambar keadaan jalan di seluruh dunia hanya dengan menggunakan layanan ini.

Dilansir dari TechCrunch, pembaruan kamera pada kendaraan street view sekarang ini sudah mampu merekam gambar dalam resolusi tinggi (HD), jadi gambar yang ditampilkan akan lebih jelas, gradasi warna yang akurat dan lebih detail dibandingkan kamera sebelumnya.

Layanan Street View sebenarnya sudah berjalan selama delapan tahun, tujuan utama proyek street view ini adalah untuk merekam jalan-jalan yang ada di seluruh dunia. Tapi dari dulu berdiri hingga sekarang, baru kali ini Google memperbarui modul kamera pada kendaraan Street View. Tak hanya itu saja, kamera baru tersebut mampu memasok data mentah agar bisa diproses menjadi algoritma image recognition atau pengenalan gambar.

Teknologi baru diatas dapat membantu untuk memudahkan untuk memastikan atau mencocokkan data serta informasi bisnis dalam peta. Untuk kendaraan yang sudah dilengkapi kamera baru sudah mulai diluncurkan di Amerika serikat pada bulang Agustus lalu. Dan selanjutnya akan mulai dikirimkan ke negara-negara lain untuk memulai perekaman jalan di seluruh dunia dengan gambar yang lebih jelas.

Itu dia gan kabar baiknya, oke kembali boga bagi mengingatkan kepada sobat yang mempunyai kritik dan saran terhadap konten maupun tampilan website silahkan dikirimkan pada kontak yang telah tersedia. Terima Kasih sudah berkunjung.