5 Role game MOBA
5 Role game MOBA

Yo Sob whats up. Kali ini Boga bagi akan membahas tentang 5 posisi yang harus sobat ketahui sebagai player Moba. Namun sebelum itu mari kita sedikit mengulas apa itu MOBA ? MOBA merupakan singkatan dari “Multiplayer Online Battle Arena” sob dan moba bisa disebut juga sebagai action real-time strategy (ARTS). Mungkin sebagian orang berfikir bahwa MOBA adalah DotA, nah persepsi itu salah gan.

Karena sebenarnya MOBA itu merupakan sebuah genre game, dan tidak dipungkiri pula bahwa DotA merupakan salah satu sejarah populernya genre ini dikalangan gamers. Bahkan sekarang game bergenre MOBA sudah banyak tersedia pula di Smartphone, seperti Mobile Legends, AOV dan VainGlory.

Nah, dibawah ini beberapa Role atau Job yang harus diketahui agar sobat lebih banyak menangnya daripada kalahnya. Karena Boga bagi tau bahwa rank turun itu rasanya lebih sakit daripada liat mantan jalan sama pacar barunya. So, cekidot Sob :

1. Carry

Role Carry
Role Carry

Carry merupakan kunci utama kemenangan team sob, apalagi jika game sudah mendekati late. Jika di late game carry masih lemah dan tidak mempunyai item yang bagus maka game dipastikan kalah. Role ini merupakan posisi dimana player harus lebih banyak menambang gold atau biasa kita sebut farming daripada clash di awal-awal. Namun, akhir-akhir ini banyak pula pemain pro yang bermain agresif,  yang harus digaris bawahi adalah jangan sampai mati terlalu banyak karena dapat menggangu ke efektifitasan farming.

Carry ditempatkan di safe lane bersama dengan seorang baby sitter atau lane support. Jika sobat memilih role ini maka sobat harus punya kemampuan farming yang cepat baik di li lane maupun di jungle. Carry sangat lemah di early namun akan mendominasi saat game mendekati late. Timing masuk saat clash sangatlah berpengaruh pada kemenangan team.

 

2. Midlanner

Role Midlanner
Role Midlanner

Midlanner bisa juga disebut sebagai semi-carry, karena role ini bisa membuat game menjadi begitu mudah jika sobat mendominasi mid. Biasanya hero mid lebih membutuhkan level agar bisa mengacak acak lane lawan di early game bersama seorang roamer. Midlanner membutuhkan player yang memiliki skill individu yang mumpuni serta map awareness yang tinggi. Karena biasanya midlane adalah target utama gank, karena memang midlanner tidak ditemani hero lain dan berjuang sendirian dalam mengatur lane.

Beberapa gamers pro bahkan ada yang mengisi mid dengan 2 hero sampai 3 hero, itu terjadi karena memang strategi team beda-beda. Jika di Dota 2 contohnya seperti duet Io dan Tiny, tapi jika gagal maka resikonya experience yang didapat hero mid berkurang dan sangat berpengaruh pada kelanjutan game.

3. Offlaner

Role Offlaner
Role Offlaner

Selain midlanner, hero yang terbiasa sendiri di lane adalah Offlaner. Tugas offlaner adalah menaikan level dengan cepat dan mencoba untuk harassing carry musuh yang sedang farming. Jika ada kesempatan role ini juga butuh farming, namun jangan sampai terlalu asik farm hingga terkena gank lalu terbunuh.

Hero yang mengisi posisi offlane biasanya mempunyai daya tahan yang kuat seperti tanker atau memiliki skill kabur. Menjadi Offlaner yang mengisi hardlane memanglah tak mudah sob, jadi map awareness sangat penting pula disini. Offlaner tak butuh item core, hanya beberapa item inisiasi sudah cukup untuk membuka war.

4. Roamer support / Jungler

Role Jungler
Role Jungler

Tidak bisa dipungkiri, sangatlah susah untuk menemukan pemain yang rela menjadi support dalam sebuah game MOBA. padahal support sangatlah penting untuk sebuah team, dan tanggung jawabnya tinggi pula. Seorang roamer support harus bisa mengkoordinasi map untuk melakukan atau menghindari gank.

Lain hal dengan jungler sob, Hero yang farm di jungle butuh skill atau item yang memungkinkan untuk farm di neutral creep. Contohnya butuh lifesteal atau health regen yang lumayan agar tidak terbunuh neutral saat farm.

 

5. Hard Support

Role Support
Role Support

Role ini lebih sulit ditemui sob. Tugasnya adalah membeli item item kecil untuk team, hard support adalah role yang harus rela tidak farming dan tugas utamanya adalah membantu team dan rela berkorban untuk menyelamatkan role lainnya terutama carry. Hard support harus bisa koordinasi dengan seorang roamer support. Jika di Dota salah satu tugas penting role ini adalah membeli item seperti ward, courier, dust, Sod dll yang berguna untuk team. Wajar saja jika seorang hard support mati lebih banyak dari role lainnya, karena kehandalan seorang hard support bisa dilihat dari assistnya serta kontribusi item, healing dll terhadap team.

Diatas merupakan 5 Posisi yang sebenarnya wajib ada dalam setiap game, agar team sobat menang dan mendominasi setiap game. Namun, dalam pertandingan publik sangatlah sulit menemukan game dengan role yang lengkap. Intinya yang paling utama dalam genre MOBA adalah kekompakan serta rasa percaya sesama Player.  Oke sob, itu saja bahasan game kali ini jika ada kritik saran silahkan dikirim ke kontak boga bagi. Terima kasih dan Good Luck main gamenya.