Time Traveller
Time Traveller

Kalian percaya Time Travel sob ? ya memang tak bosan bosan sih jika yang dibahas tentang perjalanan waktu. Dari dulu hingga sekarang topik ini masih menarik untuk dipebincangkan, namun benarkah dengan adanya kemajuan teknologi mesin waktu bisa dibuat ?

Tapi menurut penelitian manusia hanya bisa melakukan perjalanan waktu ke masa depan, dan tidak bisa kembali ke masa lalu. Entah kenapa namun Boga bagi berpendapat bahwa jika manusia kembali ke masa lalu maka akan menghancurkan dimensi waktu dimasa sekarang. Mungkin itulah salah satu alasan Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa perjalanan ke masa depan lebih mungkin terjadi dibandingkan dengan perjalanan ke masa lalu.

Albert Einstein adalah salah satu ilmuwan dengan teorin yang bisa dianggap berhasil meletakkan dasar bagi banyak ilmu teoritis yang mengatur perihal perjalanan waktu. Tentu sobat tau dengan Teori relativitasnya yang sampai saat ini masih menjadi landasan bahwa perjalanan waktu itu memungkinkan.

Time Machine
Time Machine

Berkaitan dengan teori relativitas tersebut, Einstein datang dengan gagasan wormhole yang berfungsi sebagai jembatan yang dapat mempersingkat perjalanan ruang-waktu. Namun cara ini dianggap hampir mustahil, karena lubang cacing sangat sulit untuk diciptakan.

Nah selain teori Relativitas Einstein beserta wormhole nya muncul teori baru sob. Teori tersebut bernama ‘Dilatasi Waktu’. Dalam sebuah eksperimen, teori ini terbukti merupakan fenomena nyata. Hal ini juga merupakan fenomena yang dapat memungkinkan kita untuk melakukan perjalanan ke masa depan.

Simple nya sih gini sob, Dilatasi waktu merupakan bagian dari teori relativitas khusus di mana dua pengamat yang bergerak relatif terhadap satu sama lain akan mengamati bahwa jam pengamat lain berdetak lebih lambat dari jamnya. Peristiwa merupakan sifat dasar dari ruang-waktu yang dijelaskan dalam teori relativitas.

Time Dilation and Relativity Theory
Time Dilation and Relativity Theory

Mungkin sebagian orang berpikir teori ini begitu rumi, namun dengan sedikit belajar pasti paham kok sob maksudnya. Bahkan teori ini telah diterapkan di program-program NASA. Hal ini yang menyebabkan jam di ISS (stasiun luar angkasa) berputar lebih lambat, dibanding jam di bumi. ya memang karena ISS bergerak lebih cepat dan tidak terpengaruh gravitasi.

Misalkan sobat melompat dari sebuah roket luar angkasa yang bergerak sangat cepat, waktu di Bumi akan bergerak sangat cepat. Otomatis sobat bisa berputar di galaksi dan kembali ke Bumi di masa depan. seperti itu sob, meski teori baru ini lebih memungkinkan untuk terjadinya perjalanan waktu. Tapi hingga kini belum ada pihak yang resmi telah membuat mesin waktu maupun peneliti yang berhasil secara langsung membuktikan bahwa teori ini sepenuhnya bisa dilakukan.

Ingat sob, Hal ini masih berbentuk Teori. Jadi sobat tak perlu menganggap serius dan terobsesi dengan mesin waktu maupun perjalanan waktu. Kita tunggu saja di masa yang akan datang, apakah hal ini bisa direalisasikan atau hanya sebatas kisah fiksi saja yang menjadi angan-angan manusia. Oke, jika sobat suka artikel ini jangan lupa kritik saran serta komentarnya sob. Thanks !