Baduy merupakan sebuah nama suku yang berada di Desa Kanekes, Leuwidamar, Lebak,Banten. Suku Baduy merupakan suku yang masih memegang erat tradisi leluhur dan masih mempertahankan budayanya hingga saat ini guys. Mereka tidak pernah bepergian menggunakan kendaraan modern, bahkan dilarang menggunakan alas kaki saat berjalan. Suku Baduy hidup secara terisolir dari dunia luar, mereka hidup secara sederhana dan menyatu dengan alam. Alam yang masih alami dan budaya yang ditawarkan oleh kampung suku Baduy menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi daerah ini.

Suku Baduy
Suku Baduy – By Triptrus

Banyak wisatawan yang berkunjung karena keunikan dan keindahan alam yang terdapat di daerah ini. Semuanya masih alami dan jauh dari campur tangan teknologi modern. Di daerah ini terdapat 2 suku, Yaitu Baduy luar dan Baduy dalam. Perbedaannya terletak pada tata cara menjalankan aturan adat atau yang dikenal dengan Pikukuh.

Suku Baduy dalam masih memegang teguh aturan adat dan menjalankan dengan baik sementara Suku Baduy Luar sudah terpengaruh pola hidup masyarakat Modern jaman sekarang. Beda halnya dengan Suku Baduy Luar, suku Baduy dalam melarang warga nya menggunakan barang barang elektronik. Secara keseluruhan masyarakat Baduy dalam masih memilih hidup tanpa listrik, alas kaki dan juga tetap berjalan kaki.

Suku Baduy
Suku Baduy – By Alicenotes

Mata pencaharian suku ini adalah bertani dan berladang. Namun uniknya mereka tidak mengenal alat penggarap sawah, baik seperti mesin bahkan Kerbau. Penggunaan mesin memang tidak diperbolehkan sementara aturan adat melarang masyarakat Baduy memelihara hewan berkaki empat.

Jika kalian para Traveller tertarik untuk berkunjung, silahkan cek rute dibawah ini :

Rute menuju Wisata Baduy

Itulah Ulasan saya tentang sebuah Suku yang masih memegang erat tradisi leluhur dan tetap bertahan meski banyak budaya luar yang masuk di era modern ini. Kita sebagai warga Indonesia harus bangga dan tetap mempertahankan keberagaman yang diberikan Tuhan pada tanah tercinta ini guys. Untuk kritik dan saran silahkan kirimkan pada kontak dibawah artikel ini , Sekian dan Terima gaji. Maksudnya Terima Kasih.