6 Wisata Pantai Sawarna
6 Wisata Pantai Sawarna

Desa Wisata Sawarna merupakan sebuah kawasan wisata pantai yang terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Kawasan ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, dan saat ini menjadi wisata pantai favorit warga lokal maupun mancanegara. Kawasannya yang masih alami dengan pasir putih yang membentang serta rentetan karang yang sarat akan keindahan alam. Oke, mari kita ulas satu satu wisata yang berada di Desa sawarna :

1. Pantai Pulo Manuk

Pulo Manuk
Pulo Manuk – Google Image

Pulo Manuk berasal dari Bahasa Sunda yang berarti Pulau Burung. Pulau ini banyak dihuni jenis burung mulai dari burung kuntul, burung camar, burung bangau dan masih banyak lagi. Selain burung, di sekitar Pantai Pulau Manuk juga masih terdapat banyak habitat Kera seperti jenis Lutung dan Monyet.

Ombaknya tidak begitu besar sehingga banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya untuk berenang. Namun, ada beberapa spot yang di beri tanda peringatan dan terlarang untuk pengunjung bermain air di area itu karena memang letaknya yang begitu dekat dengan hamparan karang.

Disini pula terdapat beberapa Fasilitas yang lumayan lengkap. Mulai dari tempat parkir kendaraan, Toilet, Gazebo, dan warung-warung untuk sobat yang ingin melepas penat setelah beraktivitas seharian di pantai.

2. Karang Bokor

Karang Bokor
Karang Bokor – Google Image

Karang bokor ini sangat mencolok karena memang terpisah dari daratan dan tidak ada akses untuk mencapainya. Namun akhir-akhir ini pengelola membuat sebuah akses tepatnya di Leweung (Hutan) saketeng agar wisatawan dapat melihat lebih dekat bentuk dan keindahan dari karang ini.

Wisatawan yang mengunjungi Karang Bokor pun biasanya hanya bersifat musiman, karena pada hari-hari biasa akses menuju lokasi sangatlah sulit karena pembersihan akses yang tidak dilakukan secara rutin. Menjelang hari besar dan libur panjang barulah biasanya akses tersebut diperbaiki.

Karang bokor menawarkan wisatawan keindahan yang akan memanjakan mata sobat, Suasana diatas tebing yang menghadap ke karang bokor dan lautan lepas serta suara deburan ombak yang sangat keras terdengar cukup nyaring di telinga.

3. Goa Langir

Goa Langir
Goa Langir – Google Image

Goa Langir ini merupakan tempat wisata yang lumayan ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan, namun sayang popularitasnya masih kalah dengan Tanjung Layar. Tapi saya jamin sobat tidak akan dibuat kecewa dengan pemandangan alam sekitar Goa ini, Hamparan pasir pantai dan karang serta kealamiannya masih terjaga dengan baik.

Bahkan masih banyak ditemukan kera yang bergelantungan di area hutan sekitar, tapi tak perlu risau meskipun liar tak ada riwayat yang menyatakan bahwa kawanan kera ini menyerang manusia.

Hal yang membuat wisata ini lebih menarik sobat dapat menjelajahi setiap Goa yang ada di sekitar Pantai dengan Panduan tour guide tentunya agar pengetahuan serta pengalaman menjelajah sobat lebih berkesan dan menyenangkan, setiap Goa yang berjejer di sekitar pantai memiliki nama namanya tersendiri dan sobat dapat melihat deskripsinya di depan Goa tersebut.

4. Pantai Pasir Putih

Pasir Putih
Pasir Putih – Google Image

Tempat ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan sobat, apalagi saat long weekend seperti libur nasional, ataupun hari libur lainnya. Keindahan Wisata Pantai Pasir Putih yang begitu natural sangat saya rekomendasikan bagi sobat yang ingin berlibur dengan suasana tenteram dan damai jauh dari hiruk pikuk pekerjaan serta keramaian kota.

Suara debur ombak bercampur terpaan angin menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Pasir Putih Kampung Cikaung, Desa Sawarna, Bayah, Lebak, Banten. Gulungan ombak yang mengecil di bibir pantai menjadi pemandangan yang menyenangkan. Hamparan pasir yang luas bisa menjadi sarana untuk pengunjung yang ingin bermain bola, voli pantai, ataupun bermain layangan.

5. Tanjung Layar

Tanjung Layar
Tanjung Layar – Google Image

Jika kita lihat dari kejauhan, karang di pantai ini seperti 2 buah layar perahu atau kapal yang membentang siap mengarungi samudera, karang yang hampir terlihat kembar ini sama sama menghadap ke arah selatan dan barat, layaknya orang memandang lautan dan matahari yang tenggelam diufuk barat.

Kalau sobat sedang beruntung saat air laut surut, sobat bisa mendekat ke batu karang. Berjalan mengelilingi karang yang berbentuk Layar untuk sekedar hunting foto atau berendam di kolam kolam yang terbentuk secara alami.

6. Legon Pari

Legon Pari
Legon Pari – Google Image

Legon Pari berasal dari kata dari Ngelagon ( Lagoon/Laguna ) atau menjorok ke darat atau teluk dalam bahasa Sunda. Sedangkan pari merupakan jenis ikan yang dahulu banyak sekali di temukan di pantai ini, kurang lebih definisinya seperti itu sob.

Uniknya bila dilihat dari kejauhan, garis di Pantai Legon Pari ini melengkung dan sangat pas untuk diabadikan dalam kamera. Dan tentunya tekstur pasir yang bewarna putih menambah daya pikat dan kecantikan pesona Pantai Legon Pari.

Pantai di Legon Pari memiliki Ombak yang cukup besar namun masih aman untuk berenang dan bermain pasir di garis pantai. Ketika cuaca sedang baik, gulungan ombak menjadi relatif kecil dan tenang layaknya danau.

Itu dia sob 6 Wisata pantai kebanggaan warga sawarna. Tempat tempat diatas sangat direkomendasikan untuk sobat yang rindu akan keindahan alam yang masih alami serta pesona pantai yang masih bersih dan jauh dari hiruk pikuk perkotaan.